banner 728x250

Komisioner KPU Sumatera Utara, Kukuhkan 55 Relasi Sergai

Pantai Cermin, Global Terkini,Com – Komisioner KPU Sumatera Utara, Herdensi Adnin, S.Sos.,MSP. mengukuhkan 55 orang relawan Demokrasi (Relasi) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara, berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019, di aula Pantai Wong Rame, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin kabupaten Sergai, Jumat kemarin 25 Januari 3019.

Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh komisioner KPU Kabupaten Sergai, Erdian Wirajaya, S.Sos, Misriani, Fuad Hasan Lubis, Ardiansyah Hasibuan, Bayu Aprianto, Dharma Eka Subakti dan para sfaf KPU Sergai.

Komisioner KPU Sumut, Herdensi Adnin dalam sambutannya mengatakan, tujuan dibentuknya Relasi Demokrasi (Relasi) ini untuk membantu tugas-tugas KPU Sergai dalam pelaksanaan pemilu 17 April mendatang, agar berjalan sukses dan lancar tanpa hambatan. Bahwa pemilu yang akan datang dilaksanakan kurang lebih dari 82 hari lagi untuk memilih DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD, Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga :   KPU dan Bupati Sergai Lepas Logistik Pilgubsu 2018

“Relawan Demokrasi (Relasi) Sergai, terus bekerja untuk menyakinkan publik dengan mensosialisasikan dan memberitahukan kepada masyarakat bahwa pemilu 17 April mendatang adalah hari pencoblosan,” kata Herdensi.

Lanjut dikatakan, pada pemilu tahun 2019 ini, berbeda dengan pemilu 2014, karena dalam pemilihan kali ini ada 5 kali pencoblosan yang dilakukan oleh masyarakat seperti DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD, Presiden dan Wakli Presiden. Untuk itu Relawan Demokrasi (Relasi) terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih dengan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS saat pencoblosan, katanya.

Baca Juga :   Program IPAL Kolaka Utara, Desa Koroha Pasang Septic Tank Hari Ini.

Herdensi menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih masyarakat pada pemilu tahun 1999 mencapai 82%, sangatlah tinggi, kemudian dari tahun ke tahun mengalami penurunan hingga 73% -71%. Tentunya dengan adanya penurunan itu, ada persoalan yang dihadapi pada pemilu di Indonesia, seperti kurangnya partisipasi pemilih untuk datang mencoblos. Karena tingkat partisipasi pemilih menjadi indikator penting untuk mendukung suksesnya atau tidak suksesnya suatu pemilih. Untuk itu komisioner KPU Sumut ini, meminta kepada Relawan Demokrasi  Sergai, terus meningkatkan partisipasi dan terus mensosialiasikan pemilih kepada masyarakat untuk datang mencoblos ke TPS, jelasnya.

Sementara itu komisioner KPU Sergai, Erdian Wirajaya sambutannya menyampaikan, sebelum dikukuhkan oleh KPU Sergai, para Relawan Demokrasi (Relasi) terlebih dahulu melakukan beberapa tahapan seperti seleksi perlengkapan administrasi dan wawancara kepada para peserta. Tujuan adalah untuk mengetahui sejauh mana para peserta bisa memahami tugas-tugas pokok Relawan Demokrasi yang akan bertugas.

Baca Juga :   Gaduh Soal Dana Pengembalian Ratusan Juta Diembat Jaksa, Ungkap Problem Lama

Setelah pengukuhan, selanjutnya para Relawan Demokrasi (Relasi) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 2 hari yakni, 25-26 Januari 2019. Untuk memperkuat pemahaman dan pengetahuan kepada peserta selaku Relawan Demokrasi yang terdiri dari 5 orang terbagi dalam 11 basis, tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyelenggara pemilu tahun 2019. Kegiatan ini adalah sebagai pembekalan bagi peserta untuk melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat guna peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggara pemilu.

Penulis : Budi Lubis