banner728x250

Tiga Kali Dianggarkan, Pembangunan Talud Desa Manera Rugikan Masyarakat

 

Bone,Globalterkini.Com- Proyek pembangunan dinding penahan tanah (Talud) sungai Ulunipa, Desa Manera, Kecamatan Salomekko, Bone, Sulawesi Selatan diduga bermasalah.

Proyek sepanjang 95,50 meter dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebesar Rp 146,207,000 pada 2018 tersebut, bahkan dinilai sangat merugikan masyarakat.

“Sudah 3 kali dianggarkan. Sejak 2012, setahun kemudian roboh dan dikerjakan kembali pada 2014, lalu roboh lagi, 2018 dikerjakan lagi, belum selesai, kembali roboh lagi, kini masih di kerjakan, sudah sekitar 1 bulan, proyek itu bermasalah dan perlu diaudit,” Ujar Hardin, seorang tokoh di Desa tersebut, Selasa 29 Januari 2019.

Baca Juga :   Kodim 0204/DS Gelar TMMD ke 106 Wilayah Teritorial Sergai

“Selain tak ada perencanaan matang, proyek tersebut juga tak melibatkan masyarakat. Akibatnya, mereka merasa sangat dirugikan, selain itu, harusnya uang Negara digunakan untuk sektor produktif, namun malah dipakai tambal sulam proyek,” Tambahnya.

Hardin pun berharap, proyek tersebut kali ini dapat dikerjakan dengan baik dan layak sesuai standar yang diatur, serta melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan terkait perencanaan pembangunan.

“Harusnya libatkan seratus persen warga Manera, apalagi banyak dari mereka yang tak memiliki aktifitas,” Pungkasnya.

Penulis: Indra Mahendra