banner 728x250

Elpiji 3 Kg Langka, Harga Tembus Rp 30 Ribu, Dinas Perindustrian: Tanyakan ke Perdagangan

Bone, Globalterkini.Com- Terjadinya kelangkaan gas Elpiji 3 Kg di beberapa wilayah, dikeluhkan sejumlah warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

“Susah didapat, kalau pun ada, harganya diatas eceran tertinggi (HET) Rp 15.500 per tabung, biasa kita beli dengan Harga Rp 25.000 per tabung,” Ujar Warga, Mulyadi, Sabtu 9 Februari 2019.

Senada, Wati, warga Kecamatan Awangpone, juga mengaku membeli tabung gas diatas HET, “Kemarin kita beli dengan harga Rp 30.000, sekarang turun lagi menjadi Rp 23.000,” Katanya.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Perindustrian Bone, Asriady mengatakan, “Sudah kita cek ke SPBE dan agen, pengisian lancar, hanya untuk agen memang sedikit dikurangi, karena dampak banjir mempengaruhi distribusi, terkait harga yang bervariasi di pengecer, dapat ditanyakan ke Dinas Perdagangan,” Katanya.

“Tugas Dinas Perindustrian hanya sebatas menghimbau untuk mematuhi HET yang sudah dipatok yaitu 15,5 sampai 16 ribu, jika ada kenaikan, itu sudah ranah Dinas Perdagangan untuk mengontrol ndi,” Tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Bone, H Sumardi yang dihubungi lewat telepon menegaskan tak ada kenaikan harga, “Kalau untuk di Bone tak ada, tapi kalau ada yang menaikkan maka itu perlu dilaporkan,” Tegas Sumardi dari ujung telepon.

Penulis: Indra Mahendra