banner 728x250

Silaturrahmi Akbar, MABMI Dukung Polda Sumut Berantas Hoax

Perbaungan, Global Terkini.Com – Dalam rangka memberantas hoax, Masyarakat adat budaya melayu Indonesia (Mabmi), Kabupaten Serdang Bedagai, silaturrahmi akbar bersama Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol. Agus Andrianto, SH.,MH di reflika istana Sultan Serdang, Kelurahan Melati Kebun, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Sergai, Jumat (22/2/2019)

Acara ini dihadiri oleh Bupati Sergai, Ir.H. Soekirman, Wabub Sergai, H. Darma Wijaya, SE Kapolres Sergai, AKBP. Juliarman Eka Putra Pasaribu, Dir Intelkam Polda Sumut, Kombes Pol. Dedy Kusuma Bakti, SIK.,MTCP. Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja, Dir Tahti, AKBP. H. Hutabarat, Dirkrimsus, Kombes Pol. Roni Samtama SIK. MTCP. Koor Spripim Polda Sumut, AKBP. Tanjung, Ketua Umum PB. MABMI Sumut, Datuk Sri Samsul Arifin SE. PB. MABMI Kab Sergai, H. OK. David Purba, Sultan Serdang, Tengku Ahmad Tala’ah, Pangeran Bedagai, Tengku Ahmad Safi’i yang bergelar Pangeran Nara Kelana, Presiden Puja Kesuma, Suratman, Para SKPD Kabupaten Sergai, asisten, staf ahli, para etnis serta masyarakat Melayu Sergai.

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agus Andrianto, tiba di mesjid Sulaimaniyah, kota Perbaungan, sekitar pukul 13.36 wib dan di sambut oleh Bupati Sergai, Kapolres Sergai, beserta Ketua PB. MABMI dan para pengurus PD. MABMI. Selanjutnya melakukan sholat jumat bersama ratusan warga Perbaungan dengan khatip, Drs. H. Jalaluddin.

Pada kesempatan itu Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agus Andrianto, memberikan paparan kepada jamaah sholat Jumat, bahwa Sumatera Utara merupakan barometernya Indonesia. Oleh karena itu, Polri berharap dukungan masyarakat untuk membantu Sumut khususnya Perbaungan untuk bersama-sama menjaga stabilitas politik. Begitu juga dengan pemberitaan yang belum jelas kebenarannya namun sudah beredar luas di kalangan masyarakat. Dijelaskan, agar masyarakat khusunya agama Islam sebagai rahmatan lilalamin serta memahami ajaran Al Quran. Ia juga menghimbau kepada masyarakat Sergai untuk menghindarkan pertentangan serta permusuhan agar tidak ada konflik.

Usai memberikan paparan di mesjid, Kapolda Sumut berkesempatan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat dilanjutkan makan siang di Restoran Bahagia Perbaungan. Sekitar pukul 14.30 wib, Kapolda Sumut tiba dilokasi acara Reflika Istana Sultan Serdang, disambut dengan tarian Melayu persembahan sekapur sirih.

Sementara itu, sambutan  ketua PD MABMI Sergai, H. OK. David Purba, mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumu bersama rombongan yang telah hadir. Dalam kesempatan itu OK. David Purba mengajak masyarakat Melayu mendukung Kapolda Sumut dalam rangka memberantas hoax untuk mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 yang akan digelar pada bulan April mendatang.

Saat yang sama, sambutan Sultan Serdang, Tengku Ahmad Tala’ah bersama Pangeran Bedagai Tengku. Ahmad Safi’i, merasa berbahagia pada hari ini bisa bertatap muka dengan keluarga di Sergai serta mengungkapkan rasa bangga kepada PD.MABMI yang telah melaksanakan kegiatan silaturahmi akbar ini. Kegiatan ini menjadi momen penting bagi MABMI Sergai dan masyarakat melayu Sergai, karena di hadiri Kapolda Sumut.

Dalam sambutan Bupati “Sergai merupakan tanah melayu kesultanan Serdang yang ada di Perbaungan. Pangeran Bedagai ada di tanjung beringin,” oleh karena itu, sejak tahun 2018, menjadi salah satu sarana budaya melayu yang diwajibkan pemakaian busana melayu pada hari Jumat. Hal ini disambut antusias masyarakat, dan di tahun 2019 ini, sudah dua kali dilakukan.

Sambutan Ketua Umum PB. MABMI Sumut, Datuk Sri Samsul Arifin SE, mengapresiasi kegiatan kegiatan silaturahmi warga melayu di Sergai. Pesan saya, pada Pileg dan pilpres ini, mari menjaga persatuan. Jangan sampai kita berpecah belah. Itulah harapan kita sebagai umat muslim.

Kapolda Sumut, pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih setinggi tingginya kepada keluarga besar melayu, khususnya kesultanan Sergai, karena telah menerima dirinya bersama rombongan. Mudah mudahan apa yang sudah disampaikan kepada kami bahwa Polri adalah milik semua warga dan milik semua suku, dapat terjalin dengan baik. “Sudah 13 tahun saya bertugas di Sumatera Utara, dan ini merupakan jabatan terakhir di Polda Sumut. Saya berharap bisa meninggalkan hal yang baik untuk Sumatra Utara. Sejak menjadi Kapolda Sumut, situasi aman dan kondusif, tetap bisa dipertahankan. Saya  meminta kepada Kapolres, Kapolsek, agar turun ke masyarakat untuk mengetahui masalah dan kesulitan apa saja yang mereka hadapi”. Kata Kapolda

Di akhir acara usai memberikan sambutan, dilakukan pembagian sembako kepada warga jompo dan tidak mampu serta sunatan missal. Kapolda menyaksikan langsung kegiatan sunatan masal yang di gelar PB. MABMI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Segai, yang berakhir pada pukul 17.00 wib.

Penulis : Budi Lubis