banner 728x250

Berkunjung ke Wajo, Mentan Bagikan Bibit dan Alsintan Pada Petani

Wajo, Global Terkini.com – Kunjungan kerja Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP, dilokasi kegiatan optimalisasi lahan rawa lebak, kawasan rumah adat Attakkae, Kelurahan Attakkae, Kabupaten Wajo, sekitar pukul 9.30 pagi tadi, disambut antusias oleh para kelompok tani dan masyarakat.

Pada kegiatan tersebut, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman memberikan bantuan berupa benih padi, jagung, cabai, bawang, sayuran, pemipil jagung, excafator, traktor roda 2, traktor roda 4, pompa air, benih kelapa, kambing dan ayam lokal kepasa kepada para kelompok tani dan kelompok peternak di wilayah Kabupaten Wajo. Selanjunya, acara tatap muka dengan para kelompok tani, warga masyarakat dan santri As’adiyah Sengkang, digelar. Rabu 6 Maret 2019.

Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si, mengatakan, atas nama seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Wajo menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Pertanian RI beserta seluruh pejabat Kementerian Pertanian RI yang menyertai rombongan. “Ucapan terima kasih kami dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Pertanian RI yang telah memilih Kabupaten Wajo, sebagai salah satu dari lima daerah di sulawesi selatan yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan optimasi lahan rawa lebak menuju Indonesia lumbung pangan dunia tahun 2045” tutur Bupati Wajo dalam sambutannya.

Lanjut dikatakan, ucapan selamat datang juga saya sampaikan kepada para kepala official lingkup pertanian tingkat provinsi Sulawesi Selatan beserta seluruh jajarannya, dan sejumlah Kabupaten tetangga yang berbondong-bondong datang ke kawasan wisata budaya dan wisata edukasi rumah adat Attakkae yang merupakan salah satu ikon daerah Kabupaten Wajo. Di lokasi ini, terdapat semua rumah adat yang kami sebut dengan La Tenri Bali yang diambil dari nama Batara Wajo. Ungkapnya.

Bupati Amran Mahmud, menyampaikan bahwa, hari ini dan ditempat ini, telah hadir lebih kurang 15.000 orang tokoh tani yang berasal dari 5 Kabupaten, yakni Bone, Soppeng, Sidrap, Pinrang dan Wajo sendiri. Kehadiran para tokoh tani dari berbagai daerah ini, merup

akan suatu bentuk partisipasi dan dukungan para petani terhadap seluruh program kementerian Pertanian Republik Indonesia, termasuk program serasi lahan rawa lebak menuju Indonesia lumbung pangan dunia tahun 2045.

“Kami selaku Bupati Wajo meminta maaf bilamana dalam penyambutan kami dan selama berjalannya, terdapat hal-hal yang kurang berkenan atau tidak pada tempatnya sekaligus pada saatnya nanti, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya” ujar Amran.

Sementara itu, Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, dalam sambutannya mengatakan “kami mengajak seluruh masyarakat petani untuk lebih meningkatkan hasil produksinya, guna memenuhi swasembada pangan Indonesia lumbung pangan dunia tahun 2045, dan akan menjadikan Kabupaten Wajo sebagai salah satu lumbung pangan dunia tahun 2045. Untuk itu, kami memberikan bantuan berupa bibit ternak dan alat pertanian guna mendukung pertanian di wilayah ini” kata Amran Sulaiman

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si, Bupati Bone, Dr. H. Andi Fashar M. Padjalangi, Bupati Sidrap, Ir. H. Dolla Mando, Bupati Pinrang, Andi Aslam Patonangi, SH.,MH, Wakil Bupati Wajo Amran, SE. Ketua DPRD Wajo, Andi Yunus Panaungi, SH, Kapolres Wajo, AKBP. Asep Marsel Suherman, S.Ik, Dandim 1406 Wajo, Letkol Inf. Utsman Abdul Ghofir, S.Sos, Kajari Sengkang, Eko Bambang Marsudi, SH.,MH serta Ketua Pengadilan Negeri Wajo, Harun Yulianto, SH.,M.Hum,

Adapun peserta rombongan yang ikut bersama menteri Pertanian RI, antara lain Kasdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI. Budi Sulistijono, Wakalpolda Sulsel, Brigjen Pol. Adnas. Dirjen Transmigrasi Kemendes, H. M Nurdin. Danrem 141 Toddopuli, Kolonel Inf. Suwarno, S.A.P. Kepala Badan Litbang Kementan RI, Dr. Ir. H. Muhammad Syakir, MS. Serta para Stekholder Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Penulis : Andi Trina