banner 728x250

Penutupan MTQ Kabupaten Sergai, Kecamatan Sei Rampah Raih Juara Umum

Pegajahan, Global Terkini.Com – Penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XV tingkat  Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dilaksanakan di lapangan reflika istana Sultan Serdang, Kelurahan Melati Kebun, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Sergai, Sabtu malam (2/32019).

Acara penutupan MTQ ini dihadiri oleh Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Sergai, H. Darma Wijaya. Hadir pula Dandim 0204/DS, Letkol Kav. Syamsul Arifin SE MTr (Han), Waka Polres Sergai, Kompol. Henri Sibarani, Sekdakab Sergai, Drs. H. Hadi Winarno, MM, Kakan Kemenag Sergai, Dr. H. Sarmadan Nur Siregar, M.Pd, Ketua MUI Sergai, KH. Luckman Yahya, Ketua GOPTKI Sergai, Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh peserta dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Sambutan ketua Panitia, Drs. Hadi Winarno, MM yang dibacakan Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, melaporkan pelaksanaan MTQ XV tahun 2019 Kabupaten Sergai, yang berlangsung dari tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2019, berjalan dengan baik, aman, tertib dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik antara panitia peyelenggara. Mengenai para pemenang, diumumkan oleh ketua dewan hakim malam ini.

Sementara itu, sambutan Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman mengatakan, kegiatan MTQ yang merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sergai setiap tahunnya, menjadi kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam di tanah Bertuah Negeri Beradat, sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam bidang keagamaan.

Kita sudah selesai menyelanggarakan MTQ ini, dan Sergai merupakan gudang Qori dan Qori’ah. Karena pasa saat pelaksanaan MTQ Sumatera Utata beberapa waktu lalu, Kabupaten Sergai menjadi juara pertama ditingkat provinsi. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasi kepada para guru-guru ngaji yang telah mengajarkan kepada anak-anak kita, sehingga kita bisa menjadi juara MTQ di Sumut kala itu. Ujar Bupati Soekirman.

Pada kesempatan itu, Bupati Sergai juga menghimbau agar menjauhi hal hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dengan mencegah konflik dan menghargai setiap perbedaan. Untuk generasi bangsa para anak anak muda Sergai, jangan pernah berputus asa dan patah semagat karena setiap usaha tidak ada yang sia-sia. Kita bersyukur dan bangga atas terselenggaranya MTQ ini, tidak hanya dilihat secara teknis pelaksanaannya saja, namun juga peroses penanaman nilai-nilai keragamaan di dalamnya yang merupakan pedoman hidup demi tercapainya kebahagiaan di dunia dan akhirat. Untuk pemenang MTQ XV Tahun 2019, Juara umum diraih Kecamatan Sei Rampah, Juara umum  2  Kecamatan Tebing Syahbandar, dan Juara umum 3 Kecamatan Dolok Merawan.

Penulis : Budi Lubis