banner 728x250

Bupati Sergai, Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Agung

Sei Rampah, Globalterkini.com – Peletakan batu pertama masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai, dilakukan langsung oleh Bupati Sergai, Ir.H. Soekirman, Kamis kemarin, 4 April 2019 dilokasi pembangunan masjid Agung, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh Kajati Sumut, Fachruddin, SH.,MH, Forkopimda, Wakil Bupati Sergai, H. Darma Wijaya, Sekdakab, Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten, staf ahli, kepala OPD, Camat Sei Rampah, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sergai, H. Lukman Yahya, Ketua Pengadilan Negeri Sergai, Delta Tamtama, SH.,MH, Ketua Pengadilan Agama Sergai, Abdul Munir, SH, MH, Kepala kantor Kemenag Sergai, Dr. H. Sarmadan Nur Siregar, M.Pd, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sergai, H. Darwis Rambe, beberapa tokoh Agama dan tokoh masyarakat.

Ketua MUI Sergai, H. Lukman Yahya, mengucapkan syukur dan terima kasih atas terlaksananya pembangunan masjid Agung Kabupaten Sergai yang selama ini menjadi idaman warga muslim. Diharapkan, masjid Agung ini kelak menjadi pusat peradaban dan perkembangan Islam bagi anak cucu kita.  Dengan pembangunan masjid Agung ini, Kabupaten Serdang Bedagai dapat menjadi sebuah daerah religi yang dapat mengembangkan syiar Islam

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai, H. Darwis Rambe, sangat mengapresiasi dan merasa sangat senang atas momen yang tak terlupakan hari ini. Bahwa sejak Kabupaten Sergai dimekarkan, telah berdiri 670 masjid yang tersebar di 17 Kecamatan, dengan 524 musholla. Ini menjadi bukti jika masyarakat Sergai adalah masyarakat yang memiliki landasan keimanan yang kuat, harmonis dengan kerukunan antar umat beragama.

Saat yang sama, Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman yang didampingi Wakil bupati, H. Darma Wijaya, mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Karena berkat izin Allah, kehadiran Kajati Sumut pada hari peletakan batu pertama ini, menjadi sebuah momentum tersendiri bagi Kabupaten Serdang Bedagai.

Masjid Agung Kabupaten Sergai ini dibangun dengan biaya APBD 2019 dengan total nilai pagu 51 milyar. Ini adalah kontribusi dari seluruh masyarakat Kabupaten Sergai. Diharapkan nantinya Masjid Agung ini dapat kita makmurkan secara bersama-sama.

Didepan lokasi berdirinya Masjid Agung ini ada pintu ketiga Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi-Kualanamu (MKTT) yang ada di Kabupaten Sergai. Selain pintu di Sei Sejenggi, Sei Bamban serta Rambutan. Masjid ini nantinya direncanakan menjadi rest area, dimana orang keluar dari pintu tol akan melihat pemandangan yang teduh seperti oase yang indah, taman dan pusat kuliner serta perdagangan muslim seperti halnya Masjid Nabawi di Arab Saudi.

Setelah selesai pembangunan Masjid yang representative ini, Pemerintah Daerah akan membentuk pengelolaan kelembagaannya seperti Imam Masjid, media dakwah, kajian Ilmu Agama, serta guru Agama yang memiliki sekretariat di masjid. Sehingga benar-benar menjadi pusat peradaban Islam di Kabupaten Sergai yang kita cintai.

Kajati Sumatera Utara, Fachruddin Siregar, mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajaran serta tokoh agama Sergai. “Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi saya untuk ikut serta dalam kegiatan amal kebajikan yang sangat besar pahalanya pada hari ini. Sebagaimana pada hari ini, peletakan batu pertama sebagai symbol dimulainya pembangunan Masjid Agung Serdang Bedagai, yang diprakrsai oleh Bupati beserta seluruh masyarakat” Tutup Fachruddin.

Penulis : Budi Lubis