banner 728x250

Pengurus DPD dan DPC Perhiptani Serdang Bedagai Dilantik

Perbaungan, Globalterkini.Com – Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC/DPC) Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Serdang Bedagai Periode 2019-2024, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhiptani Sumatera Utara  Nomor 70/SK/DPW Perhiptani/I/2019 dan Surat Keputusan DPD Perhiptani Sergai Nomor 001/SK/DPD-Perhiptani/Sergai/IV/2019, menetapkan Radianto, SP, MMA, sebagai ketua,  Almadias SP sebagai sekertaris dan Bungaria , SP sebagai bendahara Dewan Pimpinan Dabang (DPD) Kabupaten Sergai.

Kegiatan ini dilaksanakan di UPTB-BPKP Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai pada hari Kamis 11 April 2019 dan dihadiri oleh Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, Wakil Ketua DPW Perhiptani Sumut, Ir. H. Aswin Effendi Siregar, MM, Kadis Pertanian Sergai, Radianto, SP, MMA, perwakilan Polres Sergai dan Kodim 0204/DS, serta Pengurus DPD/DPC Perhiptani se-Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sekaligus Ketua DPW Perhiptani Sumatera Utara dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi serta kagum dengan kerja keras para penyuluh yang dibuktikan pada pelantikan enam DPC Perhiptani yang ada di Sergai. Dengan adanya enam Balai Penyuluh Pertanian (BPP) tersebut boleh saja kita berharap nantinya ada enam wakil rakyat yang peduli kepada petani dan penyuluh yang menjadi pilihan. Ciri Penyuluh adalah, jika belum menuntaskan satu masalah pertanian, maka belum dia tidak akan berhenti. Artinya jika belum dapat mensejahterakan masyarakat, maka belum akan berhenti bekerja. Jelas Sokirman.

Sementara itu antusiasme perwakilan TNI/Polri hari ini, juga menunjukkan kepedulian sebagai stakeholder yang membantu mengawasi serta mengamankan kepentingan para petani agar dapat tersalur dan berjalan sesuai peruntukannya.  Perhiptani di Sumatera Utara sangat konsisten bekerja dengan ikhlas dan cerdas karena banyak ukiran sejarah, bahwa penyuluh dapat menjadi orang besar seperti ketua umum Perhiptani Pusat, H. Isran Noor yang menjadi Gubernur Kalimantan Selatan saat ini.

Sambutan Wakil Ketua DPW Perhiptani Sumatera Utara yang juga sebagai Wakil Gubernus Tapanuli Selatan, Ir. H. Aswin Effendi Siregar, MM, menyampaikan Ucapan selamat dan apresiasi atas pelantikan DPD Perhiptani Sergai pada hari ini. “Kami merasa penyuluh pertanian Sergai telah mengalami banyak kemajuan. Jika Bupati yang memimpin daerah tersebut, maka ini menjadi keuntungan bagi para petani di kabupaten Sergai. Peran aktif DPD Perhiptani sangat baik dengan dilaksanakannya pelantikan enam DPC Perhiptani Tingkat Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang menjadi wadah meningkatkan kesejahteraan penyuluh dan petani. Amalan yang dilakukan para penyuluh pertanian menjadi simbol kerja ikhlas penyuluh untuk mensejahterakan petani di kabupaten Sergai. Ujar Aswin.

Lanjut dikatakan, banyak contoh yang kami dapat dari Sergai melalui pertanian dalam arti luas, dan ini hendaknya dapat dicontoh oleh daerah lain. Semangat penyuluh disini menjadi motivasi penyuluh di Sumatera Utara dan Indonesia secara luas. Jelasnya.

Saat yang sama, ketua terpilih DPD Perhiptani Sergai Periode 2019-2024, Radianto, SP, MMA, dalam sambutannya mengatakan, mendapat kehormatan atas kehadiran Bupati Soekirman yang juga sebagai Ketua DPW Perhiptani Sumatera Utara bersama para jajarannya. Kami mohon doa dan restu dari Pengurus DPW Perhiptani dan menyatakan kesiapan melaksanakan tugas serta membina kesejahteraan petani dan penyuluh pertanian agar lebih baik di seluruh Indonesia, khususnya di Sergai. Hal ini sesuai motto Perhiptani yaitu Perhiptani Maju, Petani Jaya, Penyuluh Sejahtera. Tutup Radianto.

Penulis : Budi Lubis