banner 728x250

Bupati Bone Lantik 14 Kepala Desa Terpilih

 “455 Miliyar Dana Desa Yang Dikelola Oleh 328 Kepala Desa”

Bone, Globalterkini.com – Empat belas Kepala Desa terpilih dalam Pilkades serentak baru-baru ini, dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Bone, DR. H.A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si digedung PKK Jalan A. Mappanyukki, Keluarahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Senin (22/7)

Acara pelantikan ini dihadiri unsur Forkopinda, yakni Sekda Bone, Drs. H.A. Surya Darma, Ketua DPRD Bone, Drs H. A. Akbar Yahya, Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim, Sik, Kepala Staf Korem 141 Toddopuli Bone,  Letkol Infanteri Boby Triyanto, Komandan Kodim 1407 Bone, Letkol Invantri Mustamin, para keluarga, sahabat serta tim pemenangan dari 14 Kepala Desa yang dilantik. Empat diantaranya adalah Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) dan sepuluh lainnya melalui proses pemilihan langsung.

Dalam sambutan Bupati Bone mengatakan bahwa, saat ini sudah tidak ada alasan bagi kepala desa untuk tidak mmbangun desanya karena alasan tidak ada anggaran. Karena saat ini sudah ada anggaran Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah untuk membangun Desa. “perlu diketahui, besaran anggaran dana desa melalui APBN yang terserap di Kabupaten Bone dari 328 Desa, senilai lebih kurang  455 Milyar. Dari sekian banyak Desa, anggaran Dana Desa paling tinggi teralokasi di Desa Sadar,  Kecamatan Tellu Limpoe, senilai 1 Miliyar 980 juta rupiah. Sementara alokasi DD terendah adalah Desa Karella, Kecamatan Mare Kabupaten Bone, yakni 1 Miliyar 100 juta rupiah. Ungkap Fahsar

Oleh karena besarnya anggaran yang ada, kata Bupati Fahsar, maka diharapkan kepada para kepala desa agar memahami regulasi tentang pengelolaannya dalam melaksanakan manajemen pembangunan desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jangan sampai antara pengelolaan pisik dan administrasi keuangan tidak berjalan seimbang, menyebabkan kepala desa terjerat hukum dan berurusan dengan pihak penegak hukum. Ujarnya.

Diakhir Sambutannya, Bupati mengucapkan selamat bagi Kepada Desa terpilih. Diharapkan kepada mereka yang terpilih untuk mengemban amanah rakyat, agar melaksanakan amanah tersebut dengan sebaaik-baiknya. “Tetap jalin komunikasi dan kordinasi yang baik dengan dengan seluruh perangkat desa maupun tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh Agama, agar apa yang direncakan bersama bisa berjalan lancar. Saya himbau kepada para Kepala Desa, supaya memperhatikan kinerja dan laporan pertanggungjawaban terkait pengelolaan anggaran” pungkas Bupati.

Penulis : Andi Trisna