Kabupaten Sergai Raih Penghargaan KLA dan Puskesmas Ramah Anak

Makassar, Globalterkini.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, memberi penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dalam kategori “Pratama” dan Puskesmas Ramah anak. Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H. Darma Wijaya, pada puncak peringatan Hari Anak Nasional, di Hotel Four Point, Makassar, Sulawesi Selatan. Selasa (23/7)

Hal itu disampaikan oleh Wabub Darma Wijaya melaui pesan whatsApp kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai, Drs. H. Akmal, M.Si dari Makassar. Saat itu, Wabub Darma Wijaya didampingi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sergai, beserta Kepala Bidang  Pemenuhan Hak Perempuan Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak. Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala Puskesmas Tanjung Beringin, saat acara tersebut berlangsung di Makassar.

Baca Juga :   Dishub Bone Benahi 16 Titik PJU di Libureng dan Kahu

Dalam keterangannya, Wabup menjelaskan, penghargaan KLA ini merupakan yang kelima kalinya diraih oleh Pemkab Sergai. Namun ada yang istimewa pada momen kali ini, karena Sergai juga meraih penghargaan Puskesmas Dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional. “KLA  ini, sebagai wujud nyata implementasi Konvensi Hak Anak dan berbagai peraturan perundang-undangan serta kebijakan terkait pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak” kata Darma Wijaya.

Lanjut dikatakan, saat ini Kabupaten Sergai mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan. Sedangkan program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang menyediakan pelayanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan, meliputi pelayanan informasi, konsultasi psikologi dan hukum serta pendampingan.

Baca Juga :   Bone Raih Opini WTP 4 Kali Berturut-turut

Terkait dengan penghargaan Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019, penghargaan ini merupakan pertama kalinya. Dari sembilan ribuan Puskesmas di Indonesia, hanya 21 Puskesmas yang mendapat Penghargaan Ramah Anak, salah satunya adalah Puskesmas Tanjung Beringin yang masuk dalam urutan 17 se-Indonesia. Puskesmas Tanjung Beringin Sergai, merupakan Puskesmas Ramah Anak yang mempunyai visi terwujudnya masyarakat Tanjung Beringin yang sehat dan mandiri dengan pelayanan yang Profesional, Inovatif dan Berkelanjutan.

Penulis : Budi Lubis