BudayaEkonomiKhazanahNewsPendidikan

Pelatihan Vocational Daerah Perbatasan, Kembangkan SDM dan Potensi Generasi Muda Sergai

428
×

Pelatihan Vocational Daerah Perbatasan, Kembangkan SDM dan Potensi Generasi Muda Sergai

Sebarkan artikel ini

Pantai Cermin, Globalterkini.Com – Pelatihan Vocational atau Pendidikan Kejujuran sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat, karena saat ini pemerintah fokus untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dan Desa sesuai dengan Nawacita dan intruksi Presiden RI terkait pengembangan SDM. Hal itu itu dikatakan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya saat memberi kata sambutan di Pantai Cemin Theme Parks Resort, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Sergai. Kamis ( 18/7)

Pada acara tersebut, Wakil Bupati mewakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Ginda P. Siregar, SH. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro, Nasrul Aziz beserta jajaran serta Para peserta kegiatan.

Baca Juga :   Raih Berkah di Bulan Suci Ramadhan, DPD JOIN Bone Rutin Berbagi

Lebih lanjut Wakil Bupati Darma Wijaya menyampaikan, pelatihan di daerah perbatasan khususnya bagi masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin di fokuskan pada pelatihan kerajinan membatik. Yakni Batik tulis dan Batik Cap serta pembuatan tas berbahan baku lidi. Hal ini didasari oleh berlimpahnya bahan baku pewarna alami untuk bahan pewarna batik yang berasal dari pohon mangrove dan mengkudu yang banyak terdapat disepanjang pesisir pantai dan dataran di wilayah serdang Bedagai. Katanya

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat dikembangkan sebagai salah satu potensi pengembangan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan terus melalukan diservikasi produk yang bersumber dari bahan baku yang ada di wilayah Tanjung Beringin. Semoga dengan kegiatan ini dapat diimplementasikan dan menjadi inspirasi untuk meningkatkan usaha menjadi lebih krearif dan inovatif.

Baca Juga :   Data Penerima Bantuan Konverter Kit di Sibulue Disinyalir Bermasalah, KUSUKA Jadi Kendala

Kepada para pelaku yang akan memulai usaha, agar tidak mudah menyerah. Berusaha tidak semudah yang kita bayangkan, maka harus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan” Kata Darma Wijaya

Sementara itu, Kadis Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro, Nasrul Aziz, melaporkan jika peserta pelatihan Vocational Daerah Perbatasan ini terdiri atas dua bidang yaitu, pelatihan kerajinan membatik  berjumlah 30 orang dan  pelatihan pembuatan tas berbahan baku lidi sebanyak 30 orang. Masing-masing peserta berasal dari anggota koperasi dan UMKM di Kecamatan Tanjung Beringin yang menjadi lokasi prioritas perbatasan. Kegiatan berlangsung sampai dengan hari Sabtu 18 Juli 2019.

Baca Juga :   Serdang Bedagai Peringati Hari Lingkungan dan Bumi

Dengan pelatihan ini, diharapkan generasi muda yang berjiwa kreatif akan terus bermunculan dan dapat mengembangkan potensi daerahnya.

Penulis : Budi Lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *