banner 728x250

Kodim 0204/DS Gelar TMMD ke 106 Wilayah Teritorial Sergai

Sipispis, Globalterkini.Com – Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya, bertindak sebagai Inspektur upacara dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 wilayah teritorial Kodim 0204/DS. Sementara, komandan upacara, Kapten Inf M.P Panjaitan dengan perwira upacara, Kapten Kav. Gawah Ketaren. Upara ini dilangsungkan di lapangan Stadion PTPN III Gunung Pamela, Kecamatan Sipispis, Kabupaten serdang Bedagai, Rabu 2 Oktober 2019.

Kegiatan ini dihadiri Danrem 022/PT, Kolonel Inf. Raden Wahyu Sugiarto S.Sos, Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin SE.M.Tr (Han), Dandim 0203/LKT, Lekol inf. Bachtiar S, Dandim 0209/LB, Lekol inf. Santoso, Dandim 0207/SML, Letkol inf. Frans K. Panjaitan, Dandim 0208/AS, Lekol Arm. S M Beruh, para Perwira Seksi Korem 022/PT, Dandenpom Pematang Siantar, Letkol CPM. M. Choirun, Dandenhub, Letkol CHB. M.Yunus, Dandenpal, Letkol CPL. Suhartono, Kajenrem 022/PT, Mayor Caj. Ishak, Ajendam, Danyonif 126/KC, Lekol Inf. M.Junaidi, Kajari Sergai, Jabal Nur, SH, MH, mewakili Ketua DPRD Sergai, Wanretno Simanulang, Wakapolres Sergai, Kepala OPD, Camat se-Sergai, Kades se-Kecamatan Sipispis, tokoh masyarakat, OKP, serta para pelajar se Kecamatan Sipispis.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati mengatakan, kegiatan program terpadu TMMD ke -106 tahun 2019, merupakan kegiatan manunggalnya TNI dan rakyat, karena ini berasal dari rakyat, dan untuk rakyat. Dengan manunggalnya TNI dan rakyat akan membuat negara kuat. Ujar Darma.

Dalam program terpadu TMMD ini, kata Darma, TNI bersama Pemkab Sergai dan masyarakat akan melakukan beberapa pembangunan fisik diantaranya, pembuatan jembatan sepanjang 40 meter, pembuatan jalan sepanjang 1 (Satu) km dan rehab dua unit rumah tidak layak huni. Selain pembangunan fisik, kita juga akan melakukan penyuluhan diberbagai bidang, antara lain, penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan perikanan, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan kehutanan serta mitigasi bencana. Penyuluhan kepada masyarakat terhdap hal-hal tersebut, juga meningkatkan manunggalnya TNI dan rakyat. Katanya.

Sementara itu, Danrem 022/PT, Kolonel Inf. Raden Wahyu Sugiarto S.Sos, menjelaskan, TMMD awalnya dilaksanakan pada tahun 1980 dengan nama Abri Masuk Desa (AMD). Kemudian di tahun 1998 menjadi TMMD. Adapun sasaran yang dilaksanakan terdapat fisik dan non fisik. Secara fisik yaitu peninjauan secara bersama seperti peninjauan jalan dan jembatan, pembuatan rumah tidak layak huni dan rumah anti gempa. Dalam hal ini, kita ingin menjadi pilot project dalam membangun desa, khususnya di Pemkab Serdang Bedagai. Jelas Wahyu

Adapun tujuan dari kegiatan ini kata Wahyu, supaya perwujudan TNI manunggal bersama rakyat terjalin interaksi dan komunikasi yang baik, dengan sasaran fisik jalan serta jalur untuk hasil alam agar tersalurkan, sehingga rasa berbangsa dan bernegara sekaligus semangat bela Negara tetap terjaga. Diakhir acara, dibacakan nota kesepahaman TMMD Ke-106 tahun 2019  oleh Dandim 0204/DS, letkol Kav. Saymsul Arifin SE.M.Tr (Han) dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi. (Budi Lubis)