banner 728x250

Wapres Yusuf Kalla Kunjungi Kampung Halaman

Bone, Globalterkini.com – Wakil Presiden RI H.M .Yusuf Kalla bersama Istri Hj. Mufidah, melakukan kunjungan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Pesawat Heli VVIP Super Puma milik TNI AU yang ditumpanginya mendarat di Stadion Lapatau Matanna Tikka, Minggu 6 Oktober 2019 sekira pukul 10.00 pagi tadi. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini, merupakan tokoh Nasional yang berasal dari ‘Bone Beradat’ dan disebut sebagai tokoh Bugis yang ‘pulang kampung halaman’.

Kedatangan Wakil Presiden Yusuf Kalla bersama rombongan, yakni Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaeman, Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, dan Kapolda SulSel, Irjen Pol Guntur Laupe, disambut langsung oleh Bupati Bone, H.A. Fahsar M. Padjalangi, Sekda Bone, H.A. Surya Darma, Ketua DPRD Bone sementara, A. Akbar Yahya, Danrem 141 Toddopuli, Kolonel Inf. Suwarno, Dandim 1407 Bone, Letkol Inf Mustamin, Kajari Bone, Nurni Varahyanti.

Kunjungan H.M. Yusuf Kalla, sebagai suku bugis Bone, kali ini melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya meresmikan Rumah Susun Mahasiwa dan kampus Rintisan Politeknik Teknologi Bone, di kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Setiba dilokasi peresmian, YK disambut oleh Direktur Politeknik Teknologi Negeri Ujung Pandang, Prof. Ir. Muh.Anshar, PhD.

Dalam sambutannya, Prof Anshar mengatakan bahwa Politeknik Bone ini telah memiliki lahan kampus seluas 8,8 Hektar yang merupakan hibah dari Pemerintah Daerah Bone. Yang mana sebahagia dari lahan ini telah dibuat rumah susun mahasiswa. Adapun kampus Politeknik Teknologi Negeri Bone, merupakan rintisan Politeknik Negeri Ujung Pandang yang sudah berdiri sejak tahun 2014 dengan jumlah 253 mahasiswa – mahasiswi. Ujar Anshar

Ditambahkan, hingga saat ini, kampus politeknik negeri ujung pandang telah menamatkan 110  mahasiswa – mahasiswi dengan tiga Progaram studi, yakni Teknik Sipil, Kimia Pertambangan dan Logistik. Kedepannya diharapkan, Politeknik ini bisa nerdiri sendiri menjadi Politeknik Negeri di kabupaten Bone bilamana telah melengkapi kriteria, seperti Gedung Perkuliahan, Laboratorium, Perbengkelan, Perpustakaan, serta SDM Tenaga Pendidik yang handal. Katanya

Saat yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, memberi apresiasi atas kedatangan putra terbaik daerah, H.M. Yusuf Kalla, di Kabupaten Bone. “ kami bangga dengan sosok beliau sebagai juru damai yang telah menyelesaikan konflik yang pernah terjadi di Poso dan Ambon. Dengan kepiawaian beliau sebagai pemimpin, konfik di kedua daerah ini dapat terselesaikan dengan aman dan damai ” ungkap Sudirman.

Sementara itu, H.M. Yusuf Kalla dalam sambutanya mengatakan, bahwa mahasiswa hasil didikan Politeknik, harus bisa bersaing untuk membuat produk sendri. Sehingga nantinya dikenal sampai keluar Negeri. Makanya  dalam sebuah lembaga akademik, kecerdasan dan kreativitas harus berjalan seiring dan berimbang. Kecerdasan tanpa kreativitas juga tidak mumpuni. Begitupun sebaliknya, kreativitas tampa kecerdasan tidak akan member hasil yang memuaskan. Jika kedua unsur ini selaras, maka akan melahirkan karya – karya yang baik dan bermampaat bagi semua orang. Karenanya, YK berjanji akan membangun politeknik ini melalui Kalla Group dengan konsep yang di desain oleh tenaga ahli dari daerah sendiri. Kata Yusuf Kalla

Usai meresmikan rumah susun mahasiswa dan politeknik, rombongan kemudian menuju rumah jabatan Bupati Bone, bertatap muka dengan Forkopimda, para camat dan kepala desa, yang disambut secara adat. Yusuf Kalla berkesempatan menyerahkan bantuan berupa 10 buah motor sampah dan 3 buah loder sampah.

Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla meninggalkan kabupaten Bone bersama rombongan sekira pukul 16.00 dan bertolak menuju pangkalan Udara TNI AU Hasanuddin di Kabupaten Maros.

( Andi Trisna )