banner 728x250

Pasien Covid – 19 Pertama Sembuh, Wabup Bone Sambut Dengan Rasa Haru

Wakil Bupati Bone, H. Ambo Dalle, terharu saat memberi sambutan kepulangan pasien Covid - 19 pertama yang telah sembuh

Bone, Globalterkini.com – Penuh keharuan, suara H. Ambo Dalle terdengar lamat – lamat. Seakan rasa bahagia menyeruak berbaur menjadi rasa haru, saat wakil Bupati Bone ini memberi kata sambutan atas kedatangan pasien positif corona pertama di Kabupaten Bone, kini dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke kampung halamannya di Desa Lamuru, Kecamatan Tellusiattinge. Rabu, 13 Mei 2020.

Sebelumnya, pasien yang berinisial Ar (20), pria warga Desa Lamuru ini merupakan santri Al Fath Temboro, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Ia tiba di Makassar pada 18 April dan dinyatakan positif Covid – 19 berdasarkan hasil swab pada tanggal 24 April 2020. Ar kemudian diisolasi di hotel Swiss Bell Makassar, dan dinyatakan sembuh untuk dipulangkan. Sementara 3 rekannya yang juga positif, masih menjalani isolasi di RS Blud Tenriawari Kabupaten Bone.

Pemulangan Ar ke kampong halamannya dipimpin oleh sekretaris Satgas PPC – 19, Dray Vibrianto. Dihadapan warga Desa Lamuru yang menyambut kedatangan Ar, Dray mengatakan “Hari ini, kami dari gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone mengantar dan menyerahkan adik kita kepada keluarga dan masyarakat Lamurukung, Kecamatan Tellusiattinge.” Ujar Dray saat memberikan sambutan penyerahan.

Dray meyakinkan warga jika Ar telah sembuh total setelah menjalani perawatan, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. “Adik kita ini sudah selesai menjalani proses perawatan dan dinyatakan sembuh. Mari kita mengucapkan syukur, dan tetap memberikan edukasi kepada warga terkait bahaya covid – 19. Himbau Dray Vibrianto.

Lanjut dikatakan, corona virus desease 2019, sesuatu yang tidak bisa kita lihat dan bisa saja terjadi di diri kita semua tanpa kita sadari. Sehingga kita harus membiasakan diri melakukan hal-hal seperti memakai masker, mencuci tangan dengan handzanitiser. Kendati telah diserahkan kepada keluarga, Ar tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Kata Dray di hadapan warga dan awak media.

Semntara itu, wakil Bupati Bone, H. Ambo Dalle menghimbau agar tidak mengucilkan orang yang sebelumnya terjangkit covid dan sudah dinyatakan sembuh. Kepada para awak media diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa covid – 19 bukan untuk ditakuti, tetapi tetap diwaspadai dengan menjaga diri serta keluarga kita. Apalagi orang yang pernah terjangkit covid – 19 dan sudah dinyatakan sembuh, jangan sampai kita kucilkan sehingga berdampak juga kepada keluarganya. Imbuh Ambo Dalle.

Hingga hari ini,  Rabu 13 Mei 2020, kasus positif covid -19 di Kabupaten Bone, tersisa 4 orang. Masing – masing 1 dirawat di RSUD Sinjai dan 3 orang dirawat di RSUD Tenriawaru.

Asri Romansa / Andi Trisna