banner 728x250

Rumah Warga Ludes Dilalap Api, Sat Brimob Gerak Cepat Bersihkan Puing – Puing Kebakaran

Sat Brimob Batalyon C Pelopor Polda Sulsel, bantu warga korban kebakaran

 Bone, Global Terkini – Nasib malang menimpa Syahril ( 57 Tahun ), warga kelurahan Pallette, kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.  Pasalnya warga Palette  yang bekerja sebagai nelayan ini harus kehilangan rumah pada peristiwa kebakaran yang terjadi pada Senin malam ( 19/04/21 ) sekitar pukul 21.47 WITA. Kesedihan keluarga ini kian terasa berat, sebab kejadiannya dibulan suci Ramadhan, saat umat muslim melaksanakan ibadah puasa.

Untuk meringankan beban mereka yang tertimpa musibah, personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, dipimpin oleh Danyon C Pelopor, Kompol Nur Ichsan, S.Sos, bergerak cepat melakukan pembersihan puing – puing kebakaran serta mendirikan tenda darurat sebagai tempat tinggal sementara bagi korban kebakaran. Selasa pagi, 20 April 2021.

Berbekal peralatan korvey seperti sekop, gerobak dan sapu, personel Yon C Pelopor penuh  semangat melakukan pembersihan kendati sedang melaksanakan ibadah puasa. Tampak pula komandan Batalyon  C Pelopor, berbaur ditengah – tengah personil sibuk membersihkan sisa – sisa kebakaran.

Ditemui oleh awak media di lokasi kebakaran, Danyon C Pelopor menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Batalyon C Pelopor ini murni sebagai panggilan kemanusiaan dalam membantu sesama. “Kegiatan ini kami lakukan atas dasar kemanusiaan sebagai wujud nyata dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat dalam meringankan beban warga yang tertimpa musibah. Kemudian hal ini juga menjadi perhatian khusus dari kami karena kejadian tersebut terjadi di tengah bulan suci Ramadhan sehingga kami berupaya semaksimal mungkin agar korban kebakaran dapat tetap menjalankan ibadah puasa mereka dengan khusyuk dengan membangun tenda darurat sebagai tempat tinggal sementara. “ ujar Kompol Nur Ichsan kepada awak media.

Ditempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S.,S.I.K., M.Si, mengungkapkan bahwa Satuan Brimob Polda Sulsel akan terus berupaya hadir ditengah masyarakat untuk menolong warga yang mengalami musibah atau tertimpa bencana. “Meski dalam kesehariannya Satuan Brimob merupakan satuan tugas Kepolisian yang menangani kejahatan berintensitas tinggi, akan tetapi dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi serta sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia, kami juga akan terus berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu serta mengurangi beban kesulitan warga yang terkena musibah baik itu bencana alam maupun musibah lain seperti kebakaran, dengan harapan melalui kegiatan ini warga yang terkena musibah dapat kembali menjalani kehidupan yang normal seperti sebelumnya,” ungkap perwira tiga melati dipundak ini.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Batalyon C Pelopor Satbrimob, bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bone serta Instansi terkait lainnya, mendapat respon positif dari warga sekitar khususnya dari keluarga korban kebakaran. Pada kesempatan itu, Syahril (korban kebakaran) mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantunya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Brimob Bone, BAZNAS Bone dan seluruh pihak atas bantuannya terhadap saya. Semoga seluruh amal perbuatan bapak dan ibu sekalian diterima oleh Allah SWT,” ujar Syahril.

Dalam kegiatan sosial yang dilaksanakan itu, juga dilakukan penyerahan bantuan kemanusiaan dari BAZNAS Kabupaten Bone kepada korban kebakaran, yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua 1 Baznas Bone, Hj Farida Hanafing. Adapun bantuan yang diserahkan berupa paket sembako, Al Qur’an dan sejumlah uang tunai untuk modal usaha.

Pada peristiwa tersebut, tampak hadir pula Lurah Palette Abdullah Kadir, S.Sos.,S.Pd., Kepala Kantor Urusan Agama Tanete Riattang Timur Abdurahim Riduang, S.Ag, M.Hi, Babinsa Koramil 1407-07 Tanete Riattang serta Bhabinkamtibmas Polsek Tanete Riattang. (*) Tris