banner 728x250

WIJANNA PUATTA LAPATAU MATANNA TIKKA GELAR PERTEMUAN AKBAR se DUNIA

BONE – Global Terkini ▐ Wijanna Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe Rinagauleng (Keturunan Raja Bone ke-16), menggelar acara Pertemuan Akbar se-dunia yang dipusatkan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan yang mengambil lokasi di Planet Cinema, Jalan HOS Cokroaminoto pada hari Sabtu , 20 November 2021. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih seribuan undangan yang berasal dari berbagai negara antara lain Malaysia, Eropa, dan berbagai Wilayah di Provinsi di Indonesia yang merupakan Keturunan Wijanna Lapatau Matanna Tikka baik dari garis keturunan bapak maupun ibu.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Dewan Adat Kabupaten Bone Andi Baso Hamid, Raja Mamuju Andi Bau Akram, Mantan Gubernur SulSel H.A.M.Amin Syam, Kadis Kebudayaan Makassar mewakili Walikota Makassar Hj. Andi Hafidah, Mantan Bupati Bone Andi. Syamsu Alam, Wasekjend Cendikiawan Keraton Nusantara Andi. Bau Irman Mappanyukki, H. A. M. Yushan Latenri Tappu , dan Keturunan Lapatau Matanna Tikka dari berbagai Wilayah.

Ketua Umum Kegiatan Andi Bau Irman Mappanyukki dalam Laporannya mengatakan “ kegiatan ini awalnya atas Inisiasi dari Lima Bintang yang kedepannya akan kami jelaskan  siapa beliau beliau. Kemudian, mendapat restu dari Yang Mulia Petta Baso Amir. Atas Prakarsa beliau semua sehingga kita berinisiasi untuk melaksanakan kegiatan ini. Awalnya rencana ini akan kita gelar pada bulan April tapi di tunda karena Covid 19 masih meningkat, hingga akhirnya kita putuskan pada tanggal 20-21 bulan November ini.” Ucapnya.

Adapun sumber pendanaan kami berasal dari Donasi secara langsung maupun melalui Rekening BRI Wijanna Lapatau yang mana hasil dari Donasi itu kami gunakan untuk kelancaran  kegiatan, Andi Bau Irman mengucapkan terimakasih yang tak terhingga pada semua pihak yang telah ikut mensukseskan acara ini.

Saat  yang sama, H.A.M.Amin Syam turut memberikan kata sambutannya yang mengapresiasi Kegiatan yang dilakukan oleh Panitia dibawah Kordinator Ketua Umum Andi. Bau Irman Mappanyukki, dia menambahkan bahwa Semoga apa yang dimiliki oleh leluhur kita bisa kita warisi seperti kewibawaan dan kerja keras. Lapatau Matanna Tikka merupakan Simbol dari semua Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Sulawesi Selatan. Tiga negara besar di Sulawesi Selatan pada saat itu Bone, Gowa, Luwu dipersatukan oleh Lapatau Matanna Tikka. Pungkasnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Bone H. A. Islamuddin yang mewakili Bupati Bone dalam sambutannya  sebelum membuka acara ini secara resmi mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi atas terlaksananya acara yang melibatkan Keluarga Besar Kerajaan Bone ( Lapatau Matanna Tikka ) yang berasal dari berbagai Wilayah Provinsi dan Negara sehingga bisa terlaksana dengan sukses.”Sekaligus saya mengucapkan Selamat Datang di Kampung Halaman semoga bisa mengobati Kerinduan.”. Acara kemudian dilanjutkan dengan memukul Gong sebagai tanda resminya dibuka acara Akbar ini.

Kordinator Humas dan Publikasi Andi Fadly Yusuf yang ditemui mengatakan bahwa acara ini kami laksanakan selama dua hari mulai Sabtu dan Minggu tgl 20 – 21 November 2021, dengan berbagai rencana kegiatan antara lain Tudang Sipulung, Pagelaran Seni Budaya, Pameran Benda Pusaka, Ziarah Makam Lapatau Matanna Tikka, dan Kunjungan ke Wisata Tanjung Pallette, tutupnya.

Penulis: Andi Trisna