banner 728x250

KONI Sulsel Cari Nakhoda Baru, Kepengurusan Lama Segera Berakhir

 

Makassar, Globalterkini.Com| Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencari nahkoda baru.

Maret 2022 mendatang, mereka rencananya akan melaksanakan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov). Masa kepengurusan KONI periode 2017 berakhir Maret 2021.

Tahapannya dimulai Kamis 13 Januari 2022, namun pendaftaran bakal calon Ketua Umum (Ketum) KONI Sulsel baru dilakukan 14-18 Februari 2022.

Terkait suksesi tersebut pengurus KONI Sulsel dipimpin Ketuanya, Ellong Tjandra sudah menemui Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di ruang kerjanya. Dia melaporkan masa akhir kepengurusannya dan rencana Musorprov.

Pertemuan itu juga dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Andi Arwin Azis.

Plt Gubenrur berjanji tidak akan mengintervensi Musorprov, namun dia berharap ketua KONI Sulsel mendatang dari kalangan muda.

‘’ Sebaiknya serahkan saja kepada tenaga-tenaga muda yang profesional di bidang olahraga, yang tua lebih baik jadi pembina, ” Kata Andi Sudirman.

‘’ Intinya, Olahraga Sulsel ke depan harus maju, saya tidak punya kepentingan politik di pencalonan Ketua KONI Sulsel, biar pemilihan berjalan fair dan nyaman, ” Imbuhnya.

Sebagai bagian tahapan Musorprov, KONI Sulsel telah membuka proses penjaringan bakal calon nakhoda baru, diketuai mantan Ketua KPU Sulsel, Mappinawang.

Bagi bakal calon ketua KONI Sulsel, ada sejumlah persayaratan wajib, diantaranya mendapat rekomendasi tertulis minimal dari 10 anggota.

Berdomisili tetap di Sulsel dengan dibuktikan KTP dan KK, serta mendapat tiga surat dari KONI Kab/Kota.

Selain itu, KONI Sulsel yang sah terdiri dari unsur induk Cabang Olahraga atau Induk Organisasi Keolahragaan fungsional.

Penulis: Andi Trisna