banner 728x250

Kinerja OPD Belum Maksimal, Kurang Tanggung Jawab Disebut Jadi Sebab

 

Bone, Global Terkini- Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle menilai jajaran Organisasi perangkat daerah (OPD) bekerja kurang maksimal, masih banyak yang belum memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Hal itu menjadi kendala dalam pencapaian target pertumbuhan ekonomi.

” Dikesempatan ini saya sedikit menyinggung soal partisipasi OPD, kadang-kadang belum memahami mana tugas utamanya yang harus dikerjakan, padahal sudah ada renja SKPD, ” Kata Wakil Bupati membuka acara Forum Lintas Sektor Ekonomi di Hotel Novena, Jl Ahmad Yani, Bone Sulawesi Selatan, Senin 30 Mei kemarin.

Dalam mencapai suatu target kinerja, sangat dibutuhkan dorongan dan evaluasi sebagai indikator perkembangan.

” Forum data merupakan wadah yang memberikan solusi optimal dalam perencanaan pembangunan Daerah yang terukur dan komprehensif, serta berkualitas bagi OPD, dan forum itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan sinkronisasi data mendukung efektivitas perencanaan pembangunan ke depan, ” Ungkap H Ambo Dalle.

Dia lalu menekankan setiap unsur terkait agar banyak berdiskusi guna membangkitkan perekonomian Kabupaten Bone, peran serta OPD, Perbankan dan Lembaga Masyarakat serta Media pun disebutnya berperan penting menunjang pencapaian target ekonomi mendatang.

H Ambo Dalle juga menyinggung banyaknya pekerjaan fisik yang tertunda dan menjadi temuan BPK.

Juga soal angka kemiskinan di Bone yang cukup memperihatinkan dan bagaimana upaya menurunkan angka tersebut secara bersama-sama.

” Saya minta diperhatikan, khususnya seluruh OPD untuk lebih serius, saya juga berharap Perbankan membantu Pemerintah Daerah agar pertumbuhan ekonomi makin baik dan pendapatan perkapita lebih meningkat, ” Pungkasnya.

Acara dihadiri Kepala Bappeda, Dr Ade Fariq, Sekertaris Daerah, A Islamuddin, Narasumber, Dr Agus Salim dan Ir Yunus, sejumlah OPD, Perbankan, KADIN, HIPMI, Lembaga Masyarakat serta perwakilan Media.

Penulis: Andi Trisna