banner 728x250

Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Pelaku Usaha Lewat Bimtek

 

Bone, Global Terkini- Di ruangan megah Hotel Novena, Jl Ahmad Yani, Bone, Sulawesi Selatan, bimbingan teknis digelar, tujuannya, untuk memberikan sosialisasi pendampingan dan pengembangan aspirasi, sektor pariwisata ekonomi kreatif di Indonesia, Selasa 19 Juli 2022 kemarin.

Kegiatan itu disebut sebagai wujud sinergi dan kolaborasi pihak pariwisata dan mitra kerja di komisi X DPR RI.

Selain 60 peserta yang 40 diantaranya pelaku usaha (UMKM) dan lembaga, kegiatannya juga memang diikuti pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrif), Dinas Pariwisata Kabupaten Bone dan anggota Komisi X, Andi Muawiyah Ramli.

Bimbingan Teknis itu, bertajuk Pemasaran Pariwisata Pasar Asia Pasifik.

Kordinator pemasaran area ASEAN Kemenparakrif, Dadang Djatnika mengatakan, sangat berterimakasih kepada komisi X yang bergerak cepat garap semua potensi dan menggerakkan acara ini.

Hal itu kemudian dibalas Muawiyah dengan menegaskan bahwa kegiatan itu bukanlah yang pertama kali dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone.

” Ini kegiatan ke 3, kerjasama Dinas Pariwisata Bone, komisi kami memang membidangi Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olah Raga, Pendidikan Menristek, dan Perpustakaan, ” Kata anggota komisi dari partai Kebangkitan Bangsa itu.

Lebih rinci, Muawiyah yang juga akrab disapa Amure menjelaskan, Bimtek tersebut dimaksudkan untuk memberi pengetahuan lebih luas dan khusus tentang pemasaran produk dan informasi destinasi pariwisata serta pengembangannya.

” Makanya kita datangkan narasumber ahli dari Jakarta seperti Marta Suherman dan profesional fotografi dari Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata, sehingga pelaku UMKM bisa lebih cerdas dalam mengembangkan usahanya, ” Ujar Muawiyah.

Sementara itu, sekertaris Dinas Pariwisata, Syahrul Asmar mewakili Kepala Dinas mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut.

” Kegiatan ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga para pengusaha menjadi lebih kreatif dan inovatif, ” Singkatnya.

Penulis: Andi Trisna