banner 728x250
News, Ragam  

Sukses Raih Gelar Doktor, Ketua Bawaslu Lulus Dengan Nilai Sangat Memuaskan

Makassar, Global Terkini- Sukses mempertahankan disertasinya, Ketua Bawaslu Bone, Hj Jumria, resmi menyandang gelar Doktor Bidang Ilmu Dirasah Islamiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa 9 Agustus 2022.

Dalam disertasi berjudul “Pembentukan Sikap Keberagamaan Peserta Didik Melalui Pemahaman Moderasi Guru di SMA 1 Bone Sulawesi Selatan” Jumria menjelaskan, jika penelitiannya bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan sikap keberagamaan peserta didik melalui pemahaman moderasi beragama.

Dia juga menerangkan upaya guru dalam membentuk sikap keberagamaan dimaksud, dan menemukan hasil pembentukan sikap.

Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah fenomenologi yang menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena dilapangan. Dengan sumber datanya, guru PAI dan peserta didik muslim dan non muslim di SMA 1 Watampone.

” Verifikasi data dan penarikan kesimpulan, serta pengecekan keabsahan dilakukan melalui triangulasi tekhnik dan sumber, ” Kata Jumria.

“Hasil penelitian menunjukkan, kecenderungan sikap keberagamaan pemahaman, adapun upaya guru, meliputi pembiasaan prilaku dan pengetahuan beragama, ” Tambahnya.

Dengan pemahaman moderasi beragama, sambung Jumria, peserta didik tidak ekstrim dalam menyikapi terjadinya perbedaan. Baik antar beragama maupun inter beragama, sehingga toleransi dapat terwujud di kalangan peserta didik.

” Pembinaan sikap keberagamaan disertai keteladanan, dicontohkan oleh guru PAI serta warga sekolah lain, ” Pungkas Jumria, yang dinyatakan lulus dengan nilai sangat memuaskan.

Penulis: Andi TrisnaEditor: Indra Mahendra