Ragam

Kumpul di Makassar, ini Pesan Kakanwil Dihadapan Humas Kemenag se Sul-Sel

358
×

Kumpul di Makassar, ini Pesan Kakanwil Dihadapan Humas Kemenag se Sul-Sel

Sebarkan artikel ini
MAKASSAR,GLOBALTERKINI.COM- Inmas Sulsel, melalui subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, Selasa, 24 April 2018. Sebanyak 40 orang Pengelola Kehumasan dari seluruh Kemenag Kabupaten Kota se-Sulawesi Selatan berkumpul di Hotel Novotel Grand Syaila Makassar.
“Kehadiran mereka selain untuk mengikuti Rapat Koordinasi Kehumasan, juga untuk mendapatkan tambahan wawasan dan kapasitas dari sejumlah Nara Sumber terkait Pentingnya Peran Kehumasan melalui teknik Jurnalistik dalam membangun citra positif Kementerian Agama Sulsel” Kata Sofyan Akhmad, penanggung jawab Kegiatan dalam laporannya.
Kegiatan Sehari yang mengambil tema Mengabadikan Moment, Ikhlas Mewujudkan Citra Kemenag ini juga diharapkan mampu mendongkrak peningkatan kinerja para Pengelola Kehumasan pada semua Kemenag di Sulsel beserta unit kerjanya, Tambah Kasubag Inmas Kemenag Sulsel.
Mengawali Sambutan dan Arahannya, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel Dr. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, menyampaikan Apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh pengelola Kehumasan, khususnya kepada para Kontributor berita Kemenag yang telah bekerja keras mengangkat citra positif Kementerian Agama selama ini di mata publik.
Ia juga meminta kepada seluruh peserta senantiasa menjaga dan membentuk citra Kementerian Agama lewat karya tangannya dalam menyusun narasi berita baik yang menyangkut program maupun kegiatan kegiatan di kementerian. 
“Humas itu sesunguhnya adalah penjual program dan kegiatan positif lembaganya, Humas itu Corong Lembaga, Humas itu Juru bicara lembaga, karenanya seorang Humas haruslah cerdas, Luwes, Gaul dan memiliki keluasan wawasan baik internal maupun eksternal” Jelas Kakanwil.
Kementerian Agama adalah Lembaga publik yang dibiayai Rakyat. Alangkah berdosanya sebagai lembaga publik bila anggaran yang digelontorkan ke kita tidak mampu dipertanggungjawabkan secara publik, dan tugas Humas menjadi penting bagi lembaga untuk menginformasikan dan menyampaikan ke publik kalau anggaran yang dipercayakan ke Kementerian Agama sudah dimanfaatkan dalam bentuk program dan kegiatan yang terdokumentasi dalam bentuk berita, paparnya lagi.
Selain itu, Ketua Forum Kakanwil ini juga mengharapkan agar Humas baik person maupun lembaganya harus membangun sinergitas kuat dan relasi positif dengan awak media, kita memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan mereka dalam membantu mengabarkan apa yang kita kerjakan dan sudah lakukan buat umat, pintanya.
Akan tetapi, sebagai orang humas, kita juga harus bijak dan cerdas memilih dan memilah mana hal yang harus dipublish mana yang tidak. Humas jangan justru jadi provokator yang ujung ujungnya malah merusak citra lembaga kita, begitupun dalam menaggapi sebuah masalah atau berita, Saring dulu baru Sharing, Pungkas Wahid Thahir.
Diakhir Pemaparan,  Kakanwil berkesempatan berdiskusi dan mendengarkan curhatan para pengelola kehumasannya, dan Kakanwil berjanji akan memperhatikan dan mencarikan solusi terbaik bagi seluruh Humas di Kementerian Agama Sulsel. Humas harus dijaga baik baik, karena baik buruknya lembaga ada di ujung jari Humas dan para Kontributornya, Tutup Kakanwil disambut Aplauss oleh seluruh peserta.
Laporan : Mawardy Siradj, Pelaksana pada Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.
Baca Juga :   Membanggakan, Pelajar Bone Raih Medali Emas di OPSI Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *