banner 728x250

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai

Pantai Cermin, Globalterkini.Com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara, gelar sosialisasi agen e-Warong dan Penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di aula objek Wisata Pantai Woong Rame, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai, Senin (15/4/19)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sergai, Ir H. Soekirman, Pimpinan Perum Bulog Divre I Medan, Marakamin Siregar, Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar, Martinus Siagian, Kadis Sosial Sergai,  Misran, SE beserta jajaran, Kadis Pendidikan Sergai, Drs Joni Walker Manik MM, perwakilan dari  Polres Sergai, Camat Pantai Cermin, Drs H. Benny Saragih, MM beserta Muspika, petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), serta para agen e-Warong se Sergai.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai mengatakan, salah satu tujuan digelarnya sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat program pemerintah dalam bidang sosial. Hal ini untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ditetapkan oleh Presiden Ir H. Joko Widodo, berupa bantuan sosial dan subsidi yang disalurkan secara non tunai. Kata Bupati Soekirman.

Lanjut, jika dilihat dari sisi penerima manfaatnya, penyaluran BPNT akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan mewujudkan akumulasi aset masyarakat melalui fleksibilitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung. Sementara dari sisi pemerintah, penyaluran BPNT menggunakan sistem perbankan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program guna kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan.

Di zaman yang serba online ini banyak hal yang mengikuti kemajuan antara lain, e-Warong, yang ada dibenak masyarakat yang belum faham tentu akan bertanya tentang hal tersebut. Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi lanjut Bupati, bertujuan menghindari kesimpangsiuran arti dan manfaat sehingga hasilnya sempurna dalam penerapan di masyarakat sesuai Nawacita Presiden Jokowi, yaitu menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka hendaknya kita memanfaatkannya dan bukan melawannya. Sebab selain mempermudah pekerjaan, manfaat yang dihasilkan jauh lebih besar dengan penggunaan manual. Katanya.

Sekarang ini siapa yang tidak cepat maka akan tertinggal. Sosialisasi hari ini akan menambah perbendaharaan pengetahuan dan ilmu serta manfaat dalam rangka mensejahterakan masyarakat serta program BPNT ini telah menambah kekuatan kita dalam pelayanan kepada masyarakat yang kurang beruntung. Hari ini masuk dalam kalender nasional adalah Minggu tenang. Alhamdulillah sampai saat ini Kabupaten Sergai dalam situasi kondusif sebab masyarakatnya tetap dalam persatuan dan. Persaudaraan sebagai bangsa tidak dapat diputuskan oleh perbedaan pilihan. Tugas pemerintahan tidak dapat dihentikan dan harus terus berputar untuk kesejahteraan masyarakat. Kita tetap bekerja seperti biasa dengan semangat dan ikhlas,” ujar Soekirman menutup sambutannya.

Sementara itu, Kadis Sosial Sergai, Misran, SE, mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 369 peserta, terdiri dari Camat, Kades, serta Agen Penyalur BPNT yang memiliki rasio Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1 e-Warong  atau Elektronik Warung Gotong Royong berbanding 250 KPM. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang bertransformasi dari pola subsidi menjadi BPNT. Sebagai laporan, Pemkab Sergai dan Bank Mandiri hingga saat ini telah menunjuk 109 agen e-Warong sebagai tempat RTS-PM/KPM untuk membeli bantuan pangan yang menjadi haknya, berupa beras dan bantuan pangan lainnya. Sedangkan narasumber kegiatan berasal dari Bank Mandiri Cabang Pematang Siantar, Perum Bulog Divre I Medan, serta Polres Sergai. Ujar Misran.

Saat yang sama Kepala cabang Bank Mandiri Area Pematang Siantar, Martinus Siagian, sangat mengapresiasi atas pelaksanaan sosialisasi kepada para agen e-Warong yang nantinya akan menyalurkan BPNT ke desa-desa. Data yang kami miliki saat ini terdapat 27.619 KPM di Sergai yang setiap bulan menerima 110.00/bulan per KK melalui program BPNT ini. Pada hari ini seluruh mesin EDC sudah hadir dan telah dibagikan kepada para agen dan diajarkan penggunaan EDC tersebut guna lancarnya distribusi BPNT.

Selanjutnya beras dan telur harus betul-betul menyediakan sesuai ketentuan yang berlaku. Para penyalur BPNT sekaligus menjadi agen kami. Karena transaksi seperti layaknya transaksi perbankan. Agar dapat merekrut menjadi nasabah untuk menabung, membayar tagihan dan lainnya yang akan dimaksimalkan sebagai perpanjangan tangan Bank Mandiri. Jika dirasa perlu kami akan menambah agen sehingga nanti seluruh desa dapat melaksanakan penyaluran BPNT melalui agen e-Warong ini. Kesuksesan para agen adalah kesuksesan kita semua. Pungkas Martinus.

Penulis : Budi Lubis